Satgas Kerahkan 2 Helikopter Padamkan Api di Bengkalis dan Pelalawan

Jumat, 19 Maret 2021

Foto : Ilustrasi.

PEKANBARU - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kelemantan, Kabupaten Bengkalis dan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan, Riau masih belum kunjung berhasil dipadamkan.

Oleh sebab itu Satgas Penanggulangan Karhutla Riau kini mengerahkan helikopter jenis Kamov dan MI-8 untuk melakukan water bombing dari udara di wilayah tersebut.

Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Gafur mengatakan, helikopter pengangkut air digunakan agar bisa memadamkan titik api Karhutla di wilayah yang sulit dijangkau.

Kata Jim, Satgas Darat bersusah payah untuk melakukan pemadaman di 2 lokasi itu, dikarenakan banyaknya titik api yang sulit dijangkau untuk pemadaman melalui darat.

"Helikopter pengangkut air ini kita kerahkan agar bisa memadamkan api di titik lokasi kebakaran yang sulit dijangkau," ucap Jim, Jumat (19/3/2021).

Pemadaman di Kabupaten Bengkalis tetap dioptimalkan melalui Satgas Darat dan dibantu oleh 2 helikopter water bombing untuk pemadaman melalui udara.

"Luas lahan yang terbakar di Pelalawan sebelumnya mencapai 53 hektare, dan kini bertambah lagi sekitar 1 hektare. Kondisi lahan gambut disana cukup tebal, yang menyebabkan titik api cepat menyebar," pungkasnya.