Pj Wali Kota Pekanbaru Gelar Rapat Bahas Solusi Persampahan

Kamis, 03 Oktober 2024

PEKANBARU - Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa menggelar rapat bersama sekretaris daerah (sekda) dan tim Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) di kediaman wali kota, Kamis (3/10/2024). Rapat ini membahas berbagai keluhan masyarakat, terutama yang berkaitan dengan masalah persampahan.

"Kami telah lama merencanakan silaturahim ini. Hari ini, kami bisa melakukannya. Selain itu, kami juga mendiskusikan berbagai keluhan masyarakat, terutama yang terkait dengan lingkungan hidup dan persampahan," ujar Risnandar.

Dalam rapat tersebut, ia telah mengadakan akan menindaklanjuti catatan-catatan keluhan masyarakat. Ketika Risnandar mulai menjabat, semua kegiatan telah dikontrakkan oleh Pj wali kota sebelumnya, termasuk pembagian zona 1 dan zona 2.

"Saya tinggal mengevaluasi pelaksanaannya dan merencanakan pembentukan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) khusus persampahan pada 2025," jelasnya.

Risnandar juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Masyarakat diimbau agar membuang sampah pada tempatnya dan sesuai waktu yang ditetapkan. Sehingga, tim DLHK dimudahkan dalam pengelolaan sampah," ucap Risnandar.

Selain masalah persampahan, rapat juga membahas peningkatan infrastruktur jalan. Tahun 2025, pekoo berencana meningkatkan mutu jalan.

Program ini telah dibahas sejak lama dan akan menjadi prioritas. Karena, banyak keluhan dari masyarakat. Keluhan masyarakat ini sudah lama tidak diproses.

"Saya menerima laporan dari salah satu camat tentang jalan yang telah diusulkan perbaikannya selama hampir 20 tahun. Kami memutuskan untuk segera memprosesnya," tutup Risnandar.

Dengan berbagai rencana ini, diharapkan berbagai permasalahan di Pekanbaru dapat segera teratasi. Sehingga, kebijakan Pj wali kota ini memberikan dampak positif bagi kenyamanan dan kesejahteraan warga.