Bunda Paud Kab. Kampar Buka Kegiatan Praktek Program P5 Paud Terpadu Pertiwi Bangkinang Kota.

Sabtu, 14 September 2024

BANGKINANG KOTA -  Kurikulum Merdeka Belajar memiliki tujuan menciptakan pendidikan yang lebih menyenangkan bagi peserta didik dan guru, Kurikulum merdeka sudah mulai diimplementasikan mulai tahun ajaran 2022-2024. Salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kurikulum merdeka adalah adanya kegiatan berbasis projek, yaitu Proyek Pengembangan Profil Pelajar Pancasila atau yang kita kenal dengan singkatan P5. 

Berdasarkan Permendikbud Ristek No. 56/M/2022, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Untuk itu semua Bunda Paud Kabupaten Kampar Ricana Djayanti Hambali yang didampingi oleh Plt. Ketua DWP Kabupaten Kampar T. Yani Ahmad Yuzar beserta Organisasi Mitra Paud di Kabupaten Kampar hadir di sekolah Paud Terpadu Pertiwi dan membuka secara resmi kegiatan P5 dengan mengangkat salah satu tema kewirausahaan yaitu kegiatan Market Day yang ditaja oleh Paud Terpadu Pertiwi Bangkinang Kota yang dipimpin oleh Hj. Yurlanita, S.Pd Aud, Sabtu (14/9)
 
"Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran Intrakurikuler yang beragam, di mana kontennya akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. P5 dalam Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan mencari solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila" demikian dijelaskan Ricana dalam arahannya.

Ricana juga memaparkan bahwa Pelaksanaan P5 berisi kegiatan kokurikuler berbasis projek, yang mana dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang pelaksanaanya dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. Dan sekolah diminta untuk melaksanakan kegiatan P5 ini satu kali dalam satu semester. 

Menyampaikan hal kegiatan ini Kepala Sekolah Paud Terpadu Pertiwi Bangkinang Kota mengatakan bahwa kegiatan Market Day sudah menjadi program yang dirancang untuk dilaksanakan disemester pertama , dengan bentuk kegiatannya adalah jual beli makanan tradisional yang sehat dan hiegienis tentunya hasil buatan rumah atau home made. Implementasi P5 dalam kegiatan market day adalah dalam bentuk bazar hasil P5. Adapun produknya berupa makanan dan minuman hasil kreativitas murid bersama orang tua. Ia juga mengatakan adapun manfaat kegiatan Market Day ini adalah untuk melatih murid agar mandiri, melatih murid untuk percaya diri, melatih kemampuan murid dalam berinteraksi dengan sesama, melatih murid untuk jujur serta melatih murid untuk unggul dan produktif.

Setelah membuka kegiatan ini, Bunda Paud Kabupaten  Kampar beserta rombongan berkenan menghampiri setiap kelompok murid yang telah menggelar beragam jajan makanan dan minuman untuk dijual, dan tentunya beliau sangat senang hati untuk berbelanja bahkan borong semua jajanan sembari bercengkerama dengan para murid dan para orang tua. Dalam kesempatan ini Bunda Paud juga lakukan peninjauan kesetiap ruangan belajar yang ada di Paud Terpadu Pertiwi Bangkinang Kota ini.