Bupati Kasmarni Sambut Baik dan Apresiasi, Gebyakan Kesenian Jaranan Turonggo Sekar Budoyo

Sabtu, 13 Juli 2024

BENGKALIS, acuannews.com - Bupati Bengkalis Kasmarni menyambut baik dan apresiasi atas terselenggaranya gebyakan atau peresmian Grup Kesenian Jaranan Turonggo Sekar Budoyo Bengkalis.

Demikian hal itu disampaikan saat menghadiri sekaligus membuka kegiatan gebyakan, Sabtu 13 Juli 2024, di Pasar Ramadhan Sungai Bengkel Bengkalis.

Peresmian Grup Kesenian Jaranan Turonggo Sekar Budoyo Bengkalis, ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Bengkalis Kasmarni.

Dalam sambutan tertulis Bupati dibacakan Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Kemasyarakatan dan SDM Johansyah Syafri mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkalis memberikan apresiasi kepada ketua beserta anggota pengurus Kesenian Jaranan Turonggo Sekar Budoyo Bengkalis.

"Kami berharap, melalui momentum pelaksanaan kegiatan gebyakan ini dapat menjadi ajang untuk melestarikan, menghidupkan dan memperkenalkan keragaman adat tradisi dan khazanah seni budaya tradisional di Negeri Junjungan, khususnya dari masyarakat keturunan jawa,"ujar Kasmarni.

Melalui kegiatan ini juga, Bupati berharap dapat jadikan sebagai media guna menampung kreativitas potensi dan imajinasi masyarakat Bengkalis khususnya masyarakat jawa, dengan memberi ruang kepada semua pihak yang ikut pada kegiatan ini untuk berinovasi, khususnya dalam pengembangan seni dan budaya.

"Kabupaten Bengkalis memiliki keanekaragaman seni dan budaya. Untuk itu melalui kegiatan gebyakan kesenian jaranan ini, kami mengajak seluruh suku 
yang ada di daerah ini terkhusus masyarkat jawa, untuk senantiasa menjaga kelestarian seni budaya yang dimiliki dan mewariskannya ke generasi muda,"ajak Bupati.

Selanjutnya orang nomor satu Kabupaten Bengkalis menyampaikan, dalam visi daerah, yakni mewujudkan Kabupaten Bermarwah, Maju dan Sejahtera, salah satu misi pemerintah adalah mewujudkan penguatan nilai-nilai budaya menuju masyarakat yang berkarakter.

"Kami ingin kita dapat bersama-sama mengembangkan nilai-nilai budaya untuk dapat menciptakan kehidupan yang harmonis, damai, dan kondusif ditengah-tengah masyarakat khususnya bagi masyarakat jawa yang ada di Negeri Junjungan ini," pintanya.

Kepada Pengurus Kesenian Jaranan Turonggo Sekar Budoyo Bengkalis serta penggiat dan pelaku seni, budaya dan adat istiadat jawa lainnya, Bupati Kasmarni berpesan teruslah berkreasi, berekspresi dan teruslah berinovasi, dalam memberdayakan, mengembangkan serta memasyarakatkan adat istiadat, seni dan budaya jawa ditengah-tengah masyarakat.

Penampilan Kesenian Jaranan Turonggo Sekar Budoyo, disambut baik dan antusias masyarakat Bengkalis dan sekitarnya.

Acara peresmian Kesenian Jaranan Turonggo Sekar Budoyo, dimeriahkan penampilan gabungan Reok Ponorogo dari Bengkalis dan Bantan, Barongsai Fobi Bengkalis dan Pamti Bengkalis. Kemudian ditutup dengan tarian Kesenian Jaranan Turonggo Sekar Budoyo.

Tampak hadir Ketua Grup Kesenian Jaranan Turonggo Sekar Budoyo Bripka Deri Adrianto, Sesepuh Grup Kesenian Jaranan Turonggo Sekar Budoyo Siswo Atmojo, perwakilan dari Lurah Rimba Sekampung serta seluruh para tamu undangan terhormat lainnya.#DISKOMINFOTIK.