Kota Pekanbaru Raih Penghargaan Kearsipan Tingkat Nasional

Kamis, 30 Mei 2024

PEKANBARU, AcuanNews.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kembali mendapatkan prestasi membanggakan di tingkat nasional dengan meraih nilai "Sangat Memuaskan" untuk kategori pengawasan kearsipan di tahun 2023.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru, Erna Juita mengatakan, nilai yang diperoleh Pemko Pekanbaru adalah 91,72 dan berhasil menduduki peringkat kedelapan untuk tata kelola kearsipan di tingkat nasional.

Penghargaan diserahkan oleh Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, Hj. Erna Juita, SH., M.Si. dalam acara Rapat Koordinasi Peringatan Hari Kearsipan ke-53 Tahun 2024 di Hotel Mercure Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu (29/05/2024).

"Kota Pekanbaru, allhamdulillah konsisten meraih penghargaan kearsipan di tingkat nasional. Ini adalah bukti nyata dari komitmen kami, Pemko Pekanbaru dalam menjamin kualitas penyelenggaraan kearsipan yang baik," ujar Erna.

Selain menjadi kebanggaan bagi Pemerintah Kota Pekanbaru, penghargaan ini juga menjadi momentum penting untuk memotivasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bersama-sama mengelola kearsipan.

"Dengan upaya bersama diharapkan akan tercipta tata kelola pemerintahan yang lebih transparan, akuntabel, dan berkualitas," jelasnya.

ANRI memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi dan motivasi kepada pemerintah daerah kabupaten/kota yang telah menunjukkan kinerja terbaik berdasarkan hasil pengawasan kearsipan tahun 2023. Penghargaan ini diharapkan dapat memacu semangat daerah lain untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan arsip.

Peringatan Hari Kearsipan ke-53 tahun 2024 mengangkat tema “Sustainable Archiving for the Best Future (Kearsipan yang Berkelanjutan untuk Masa Depan yang Terbaik)”. Tema ini mempertegas pentingnya pengelolaan arsip yang berkelanjutan sebagai landasan bagi masa depan yang lebih baik dalam penyelenggaraan pemerintahan yang transparan dan efektif.