PUPR Targetkan Perbaikan 370 Km Jalan Rusak di Pekanbaru Tuntas Tahun Ini

Rabu, 10 Februari 2021

PEKANBARU - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, menggesa perbaikan jalan rusak. Sejumlah ruas jalan di Kota Pekanbaru saat ini masih dalam kondisi rusak. 

Dinas PUPR Pekanbaru, mendata jumlah jalan rusak di Kota Pekanbaru hingga saat ini mencapai 370 kilometer (Km). 

Jumlah itu terdiri dari kondisi jalan rusak ringan, sedang dan rusak berat. Jalan rusak ini juga tersebar hampir di 15 Kecamatan di Kota Pekanbaru. 

"Dari data kita. Total panjang jalan di Kota Pekanbaru mencapai 1.277,9 kilometer. Ada sekitar ratusan kilometer yang dalam kondisi rusak," ujar Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Rabu (10/2).

Menurutnya, jalan Kota Pekanbaru yang dilapisi aspal mencapai 875 kilometer. Kemudian jalan yang dilapisi kerikil sepanjang 77 Kilometer, berlapis tanah 295 kilometer, dan tidak terinci sepanjang 30 kilometer. 

"Kita prioritaskan tahun ini perbaikan untuk jalan dengan kondisi rusak sedang hingga berat. Sekitar 370 kilometer untuk tahun ini," jelasnya. 

Ia mengungkapkan, anggaran untuk perbaikan jalan rusak tahun 2021, pihaknya menganggarkan sebesar Rp16 miliar. Indra menyebut, Jumlah itu termasuk untuk biaya operasional seperti bahan bakar alat berat dan gaji petugas lapangan.