BMKG Catat Ada 13 Hotspot Terdeteksi di Riau

Senin, 26 April 2021

Foto : Ilustrasi.

PEKANBARU - Senin (26/4/2021), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat ada 13 hotspot (titik panas) terdeteksi di Provinsi Riau.

Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru Bibin Sulianto mengatakan, 13 titik panas tersebut tersebar di 5 wilayah dengan sebaran terbanyak di kabupaten Pelalawan, yakni sebanyak 6 titik.

"Selanjutnya di Bengkalis sebanyak 3 titik, Indragiri Hilir 2 titik, serta Kabupaten Siak dan Kepulauan Meranti masing-masing satu titik," cakapnya.

Ia menjelaskan, dari jumlah tersebut 5 titik berada di level rendah dan 8 titik di level sedang. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut belum bisa dipastikan apakah ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan atau tidak.

"BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," imbaunya

Sementara itu, seperti diberitakan sebelumnya, hujan berpotensi mengguyur Riau di awal pekan ini, Senin (26/4/2021). Hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan masih akan berlanjut hingga dini hari.

"Hujan bersifat tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Bibin.