Kanal

PT IIS Nekad Tutup Anak Sungai di Desa Lalang Kabung Pelalawan

PELALAWAN – PT Inti Indosawit Subur (PT IIS) yang tergabung dalam Perusahan Asian Agri Group nekat menutup anak sungai yang berada di Desa Lalang Kabung, Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan Riau. keberadaan anak sungai itu jauh sebelum adanya perkebunan kelapa sawit tersebut.  rabu (31/3/21).

Anak Sungai yang di tutup oleh PT Inti Indosawit Subur itu biasa di sebut oleh Masyarakat Persukuan Delik  dan persukuan Lalang dengan Anak Sungai Lubuk Godang. Anak Sungai Lubuk Godang berhulu di Desa Delik hilirnya di Sungai Kampar.

Dari pantau jelajahriau.com di lapangan terlihat jelas anak sungai lubuk gondang sudah di timbun dengan tanah, penimbunan anak sungai itu di kerjakan dengan sangat rapi terkesan anak sungai lubuk Godang tidak ada sebelumnya.

kepala suku Delik yang di tugaskan oleh leluhur mereka untuk menjaga dan melestarikan adat serta budaya termasuk juga sungai dan anak sungai yang berada di wilayah persukuan mereka mengatakan kepada jelajahriau.com di rumahnya sabtu(13/3/21), jauh sebelum PT IIS membuka perkebunan kelapa sawit anak sungai lubuk godang sudah ada.

“sebelum PT Inti Indosawit membuka lahan perkebunan di kampung kami ini, sungai anak sungai Lubuk Godang itu sudah ada, dulunya sungai lubuk godang itu tempat kami mencari ikan,” Terang Darwis Kepala Suku Batin Delik.  

Lanjutnya,”Hulu dari anak sungai lubuk Godang itu berada di Desa Delik tepatnya di Hutan Lindung SP10 dan hilir di Sungai Kampar di belakang Pabrik PT Rapp.”

Alat berat milik PT Indosawit yang baru saja menyelesaikan penimbunan anak sungai tersebut membenarkan mereka berani menutup anak sungai itu atas perintah pimpinan yang berkantor di Eko II.

Hingga berita ini di turunkan humas PT Indosawit Tofik masih belum dapat menjelaskan penutupan anak sungai Lubuk Godang tersebut.

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER